Halaman

Jumat, 14 Desember 2012

minGW

minGW adalah salah satu aplikasi yng digunakan untuk mengkompile bahasa C agar dapat dipahami oleh bahasa mesin (asembler) pada komputer. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis. Namun ada beberapa langkah-langkah untuk dapat memakai aplikasi ini, yaitu :
  1. Install minGW sebagaimana menginstall aplikasi lain. ikutilah petunjuk yang ada pada saat instalasi.
  2. Masuk ke dalam folder bin pada folder instalasi minGW, yaitu C:\minGW\bin.
  3. kemudian copy link C:\minGW\bin tersebut.
  4. Buka environment variables, untuk windows seven klik kanan pada folder drive komputer, kemudian klik properties, lalu masuk ke Advance system settings, lalu masuk ke environment variables, pada tabel bawah carilah folder path, kemudian klik edit di bagian bawahnya, kemudian tambahkan \;seblum mempaste link C:\minGW\bin, setelah itu klik ok.
  5. Cara untuk mengetahui apakah minGW sudah dapat digunakan adalah dengan masuk ke dalam Command prompt, kemudian ketikan gcc lalu enter. apabila muncul "'gcc' is not recognized as iternal or external command operable program or batch file." maka instalasi anda gagal.
  6. Untuk mengkompile file .c adalah dengan masuk kedalam folder dimana file program .c di simpan (gunakan nama drive: untuk pindah partisi, atau cd nama folder untuk pindah ke folder yang du tuju).
  7. Setelah berada di dalam folder yang tersimpan file program .c, ketikan "gcc (nama folder) -o (nama aplikasi)" kemudian enter.
  8. untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat dengan ketikan "gcc (nama aplikasi)".
  9. Program telah dijalankan, jika terjadi kesalahan dalam menyusun program akan muncul keterangan baris dan kesalahan yang dibuat pada source code nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar