Laman

Minggu, 23 Desember 2012

Sejarah Perkembangan Teknologi Informatika

Teknologi InformatikaSejarah

Teknologi Informatika dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Communication Technologies (CT), merupakan usaha pemusatan yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi informatika meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya dan merupakan kebutuhan penting untuk melakukan interaksi dengan baik. Manusia semestinya berupaya mencari dan mencipta sistem dan alat untuk saling berinteraksi dengan berbagai cara baik lewat gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, telepon maupun internet. Perkembangan peradaban manusia akhirnya mengenal yang namanya Teknologi Informatika (Information Technology). Diawali dari  bentuk gambar yang tidak memiliki arti  di dinding-dinding gua, prasasti-prasasti hingga adanya informasi yang saat ini familiar ditelinga manusia yaitu internet.
Untuk mengkaji lebih dalam perkembangan informasi maka perlu dipahami mendalam sejarah teknologi informasi untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.
Perkembangan Teknologi Informatika
Masa Prasejarah
Masa (….s/d 3000 SM)
Teknologi informasi berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Pada masa prasejarah, manusia awalnya berkomunikasi dengan cara  menggambarkan informasi pada dinding-dinding gua tentang segala sesuatu yang pernah mereka lakukan. Kemudian seiring dengan proses pemindahan informasi ke dinding gua tersebut manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya untuk melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua. Pada awalnya manusia belum mampu memaksimalkan kemampaun berbicaranya, hanya bisa melakukan dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan. Proses panjang membawa naluari manusia untuk menciptakan dan menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400 –an M)
Di era ini teknologi informasi belum dikenal secara massal dan belum dipakai secara massal. Layaknya teknologi internet saat ini yang sudah dikenal massal teknologi informasi penggunaanya masih dalam kalangan terbatas saja. Penggunaanya juga hanya pada saat-saat khusus karena pembiayan yang dikeluarkan banyak dalam pemakaiannya.
Masa 3000 SM
Akhirnya diera ini manusia pertama kalinya mengenal tulisan. Tulisan tersebut dipakai bangsa Sumeria dengan symbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini miliki bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.
Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Perkembangan teknologi informatika di masa sejarah terbilang pesat. Cara berkomunikasi juga semakin maju pada masa sejarah. Hal ini terlihat dari ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku.
Masa 2900 SM
Diera ini progress terjadi pengenalan terhadap tulisan berkembang. Pemakainan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Diaman Hierogliph itu sendiri adalah bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda. Jika digabungkan menjadi satu maka akan memilki cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
Masa 500 SM
Setelah dikenalnya tulisan maka akhirnya dikenal wadah untuk menuangksn tulisan tersebut meski belum sebaik yang saat ini dikenal. Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas ini terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil. Serat papyrus menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai media informasi.
Masa 105 M
Bangsa Cina muncuk sebagai negara pertama yang menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina tersebut merupakan kertas yang saat ini dikenal diseluruh dunia yang berbahan dasar pulp. Pembuatan kertas ini dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini memberikan pengaruh besar untuk perkembangan teknologi informasi di dunia. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap. 
Penemuan Teknologi Informatika di Masa Sejarah
Tahun Peristiwa
3000 SM Bangsa Sumeria menjadi bangsa pertama yang menemukan tulisan. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang disebut piktograf.
2900 SM Tulisan Hieroglif dikembangkan oleh bangsa Mesir kuno untuk tujuan berkomunikasi.
2500 SM Abacus merupakan sebuah alat yang dianggap sebagai alat perhitungan digital pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus atau sempoa ini, diperkirakan berasal dari Babylon, Cina, atau Mesir.
1775 SM Sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan diperkenalkan oleh bangsa Yunani.
1400 SM Bangsa China mulai menuliskan sejarah mereka pada kepingan tulang binatang.
1270 SM Bangsa Suriah telah membuat Ensiklopedia untuk pertama kalinya
900 SM Bangsa China membuat sistem pelayanan pos dan kantor pos yang pertama
776 SM Bangsa Yunani mempergunakan burung merpati untuk mengirimkan informasi
530 SM Pembuatan perpustakaan untuk pertama kalinya oleh bangsa Yunani.
500 SM Bangsa Mesir kuno menggunakan serat pohon papyrus sebagai kertas
105 SM Tsai Lun seorang yang berkebangsaan China menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat dari serat pohon bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan dan kemudian dikeringkan.
14 M Bangsa Romawi secara resmi membuat sistem pelayanan pos
37 M Kaisar Tiberius dari Roma menggunakan cermin sebagai alat mengirim pesan (heliograf).
305 M Mesin cetak pertama yang terbuat dari lempengan kayu ukir diciptakan oleh bangsa China. Sistem pencetakkan dilakukan dengan menggunakan blokm kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tin
Masa Modern (1400-an M s/d sekarang)
Tahun 1455
Dikenal namanya mesin cetak yang memakai plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg.
Tahun 1830
Program komputer yang pertama di dunia ditulis oleh Augusta Lady Byron dan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Alat cipatan mereka tersebut didesain mampu memasukkan data, mengola data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Sebagai bentuk komputer digital yang pertama dan cara kerjanya masih terbilang mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk .
Tahun 1837
Telegraf dikembangkan oleh oleh Samuel Morse dengan pemakaian kode Morse. Samuel Morse  bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone mengirim secara elektronik pesan antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima. Hingga akhirnya dipakai secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu.
Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
Tahun 1876
Melvyl Dewey pada era ini ditandai dengan dikembangkannya sistem penulisan desimal.
Tahun 1877
Pada era ini telepon diciptakan dan dikembangkan oleh Alexander Graham Bell dan digunakan pertama kali secara umum. Edward Maybridge juga menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.
Tahun 1899
Pada masa ini dipakai sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang.
Tahun 1923
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
Tahun 1940
Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipakai untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetik tape.
Tahun 1945
Sistem pengkodean memakai hypertext dikembangkan Vannevar Bush. Pemakaian hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.
Tahun 1946
Teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
Tahun 1948
Transistor dikembangkan para peneliti di Bell Telephone.
Tahun 1957
Transistor planar dikembangkan Jean Hoerni mengembangkan. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon. Sputnik diluncurkan oleh Rusia sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Karena hal tersebur Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
Tahun 1972
E-mail diciptakan oleh Ray Tomlinson sebagai program pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks. E-mail yang dikenal saat ini yang sring juga disebut sebagai surat elektronik.
Tahun 1973-1990
Internet pertama kali diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA. Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya : DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway.
Tahun 1991-Sekarang
Perkembangan peradaban manusia merasuki semua bidang. Sistem bisnis berbasis teknologi pun dilakukan. Ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Perkembangan pertumbuhan internet berkembang  sangat pesat pada tahun 1994. Internet merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia yang menjadikan internet sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Perusahaan umum pada tahun 1995 mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. Langkah ini menjadi tapakan dasar pengembangan teknologi informasi terkhusus internet serta masih dilakukannya berbagai penelitian dalam mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
Penemuan Teknologi Informatika di Masa Modern
Tahun Peristiwa
1450 M Eropa meski belum terbit secara harian koran pertama di dunia mulai beredar.
1455 M Mesin cetak dikembangkan Johann Gutenberg dengan memakai plat huruf dari besi dan dibingkai dengan kayu yang dapat diganti-ganti
1560 M Camera Obscure diciptakan sebagai kamera foto pertama.
1642 M Blaise Pascal ahli matematika dan ahli filsafat dari Prancis membuat Pascal’s Machine Aritmetique (The Pascaline)yang merupakan sebuah alat perhitungan dengan mesin mekanik yang pertama, dan sampai saat ini computer modern masih menggunkan teknik alat ini.
1650 M Di Jerman surat kabar pertama beredar.
1714 M Mesin ketik modern diciptakan oleh Henry Mill dari Inggris.
1793 M jalur telegraf optic jarak jauh dibuat oleh Claude Chappe.
1821 M Charles Whaetstone ditemuakan oleh Microfon untuk pertama kalinya.
1830 M Agusta Lady Byron bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical menulis Program komputer yang pertama.
1831 M Jalur listrik pertama di dunia diciptakan Joseph Henry.
1837 M Samuel F.B. Morse bersama William Cook dan Charles Whaetstone mengembangkan telegraf dan kode Morse
1843 M Mesin Faksimili pertama diciptakan oleh Alexander Bain.
1861 M Kinematoskop sebuah alat untuk memutar slide ditemukan.
1876 M Mesin fotocopi pertama ditemukan Thomas Alva Edison, pesawat telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Pada tahun yang sama, sistem pencatatan katalog buku untuk perpustakaan diseluruh dunia yang bernama Sistem Desimal dikembangkan oleh Dewey Melvyl Dewey.
1888 M George Eastman menciptakan gulungan film untuk memotret.
1910 M Film bersuara pertama di dunia berhasil diciptakan Thomas Alva Edison
1923 M Pesawat televisi pertama ditemuakn oleh Vladimir Kosma Zworykin.
1934 M Tape Recorder dikembangkan Joseph Begun.
1936 M Konrad Zuse menciptakan Komputer pertama di dunia dengan nama Z1
1945 M Vannevar Bush mengembangkan kode Hypertext.
1946 M ENIAC 1, komputer digital pertama dikembangkan
1957 M Satelit bumi buatan pertama Sputnik diluncurkan oleh Uni Soviet (Rusia), sedangkan di Amerika terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
1958 M Mesin fotokopi pertama dengan nama Xerox diciptakan Chester Carlson
1963 M Sistem kode pos diciptakan Amerika.
1969 M Cikal bakal adanya Internet diciptakannya ARPANET.
1971 M Diciptakannya Disket pertama di dunia
1972 M Program e-mail pertama diciptakan Ray Tomlinson.
1973 M Lahirnya protokol internet TCP/IP
1979 M Lahirnya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia dipelopori oleh Jepang.
1980 M Jepang membuat Walkman pertama di dunia oleh Perusahaan Sony.
1985 M Ditemukannya cakram penyimpan data (CD)
1992 M Munculnya WWW oleh CERN (Laboratorium Partikel di Swiss)
1999 M Google.com Muncul sebagai raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar